Rabu, 05 Oktober 2016

Bisnis dan Manajemen



 


1.              APA YANG DIMAKSUD DENGAN BISNIS? 

Kegiatan usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisir  untuk memproduksi atau menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memperoleh profit.

2.     HIERARKI KEBUTUHAN MANUSIA MENURUT MASLOW


·         Kebutuhan Fisiologis (the physiological needs)
·         Kebutuhan Rasa Aman (the safety and security needs)
·         Kebutuhan untuk dicintai dan dimiliki (the love and belonging needs)
·         Kebutuhan untuk dihargai (the esteem needs)
·         Kebutuhan untuk mengakualisasikan diri (the self- actualization needs)

3.     PENGRTIAN LINGKUNGAN BISNIS

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :
Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.

4.     JELASKAN HUKUM PENAWARAN

Hukum penawaran : Jika tingkat harga naik, maka jumla penawaran (barang yang ditawarkan) akan naik pula, jika harga turun, maka jumlah harga yang ditawarkan juga turun. Hukum penawaran ini juga berlaku bila faktor pengaruhnya bersifat Cateris paribus. Dengan kata lain, dalam hukum ini jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga, disini terlihat hubungan searah antara tingkat harga dengan jumlah barang.
Secara sederhana, hukum penawaran didefinisikan dengan asumsi jika harga barang/jasa meningkat/naik, maka kuantitas barang/jasa juga akan meningkat, begitupun sebaliknya.

5.     KELEBIHAN DAN KELEMAHAN USAHA KECIL 

1. Kelebihan Usaha Kecil
Usaha kecil pada kenyataannya mampu bertahan dan mengantisipasi kelesuan perekonomian yang diakibatkan inflasi maupun berbagai faktor penyebab lainnya. Tanpa subsidi maupun proteksi, usaha kecil mampu menambah nilai devisa negara khususnya industri kecil di sektor informal dan mampu berperan sebagai penyangga dalam perekonomian masyarakat kecil/lapisan bawah.
Contoh : Bebas menentukan harga produksi atas barang dan jasa.
2. Kelemahan Pengelolaan Usaha Kecil
Kelemahan dan hambatan dalam pengelolaan usaha kecil umumnya berkaitan dengan faktor intern dari usaha kecil itu sendiri.
Contoh : Terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, utang yang tidak bermanfaat, tidak mematuhi ketentuan pembukuan standar.

6.     APA YANG DIMAKSUD DENGAN KONSUMERISME

Konsumerisme merupakan gerakan konsumen (consumer movement) yang mempertanyakan kembali dampak-dampak aktivitas pasar bagi konsumen (akhir). Dalam pengertian lebih luas, istilah konsumerisme, dapat diartikan sebagai gerakan yang memperjuangkan kedudukan yang seimbang antara konsumen, pelaku usaha dan negara dan gerakan tidak sekadar hanya melingkupi isu kehidupan sehari-hari mengenai produk harga naik atau kualitas buruk, arti kata ini adalah pemakaian barang dan jasa.

7.     FUNGSI-FUNGSI MANAGEMEN

Untuk mengerahkan sekelompok manusia yang memiliki latar belakang pendidikan dan karakter yang berbeda-beda, seorang manajer harus menerapkan fungsi-fungsi manajemen untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi-fungsi manajemen disusun dan diarahkan sedemikian rupa sehingga terdapat kesatuan irama, gerak, dan cara pandang yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Di antara para ahli tidak ada kesatuan pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen. Namun, enam ahli manajemen mengungkapkan fungsi manajemen yang sama, yaitu planning, organizing dan controlling. Sementara itu, fungsi-fungsi yang lain merupakan variasi yang intinya pada fungsi directing.

8.     TINGKATAN MANAGEMEN


Dilihat dari tingakatan organisasi, manajemen dibagi dalam 3 tingkatan yaitu:
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama, CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer). Keahlian yang dimiliki para manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan reana dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk, kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik.
3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yahng mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas produksi, mandor.

  Keahlian yang harus dimiliki: 
·         Keterampilan konseptual (conceptional skill)
·         Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
·         Keterampilan teknis (technical skill)
·         Keterampilan manajemen waktu
·         Keterampilan membuat keputusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar